Nusantara Baru Indonesia Maju – HUT Ke-79 RI

Mataram, bertempat di area parkir gedung kantor BPK NTB pada hari Sabtu 17 Agustus 2024, diselenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai BPK NTB.

Kepala Subauditorat NTB II BPK NTB, Abdul Choliq, membacakan sambutan Ketua BPK RI, Isma Yatun, dalam sambutannya disampaikan tema Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju” yang merefleksikan semangat bangsa Indonesia yang sedang bertransisi, bersinergi, dan berkolaborasi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan ini marilah kita maknai dengan kontribusi nyata melalui peningkatan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan untuk mencapai tujuan negara. Hal ini juga selaras dengan hasil telaah (peer review) untuk penguatan sistem pengendalian mutu BPK dalam rangka kontribusi nyata tersebut.

Hasil telaah sejawat tahun 2024 menunjukkan bahwa BPK telah memiliki dan menyelenggarakan sistem pengendalian mutu BPK yang berstandar tunggi, khususnya pada tiga area yang ditelaah, yakni SDM, manajemen etika dan integritas, serta teknologi informasi.

Seluruh unit kerja yang ada di BPK dihimbau untuk saling berkolaborasi dan bersinergi, agar hasil yang sudah baik ini dapat terus ditingkatkan guna menguatkan kepercayaan pemangku kepentingan serta kredibilitas BPK, baik di tatanan nasional maupun global.

Dalam perjalanan mengisi kemerdekaan, BPK telah memberikan serangkaian sumbangsih nyata melalui pelaksanaan mandatnya. BPK telah menyampaikan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Pemerintah Daerah serta badan lainnya tahun 2023. Selain itu, BPK juga telah menyampaikan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II (IHPS) tahun 2023 yang mengungkapkan temuan dan rekomendasi untuk perbaikan tata kelola keuangan negara serta hasil pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan dan penyelesaian kerugian negara pada tahun-tahun sebelumnya.

IHPS tersebut menyampaikan hasil pengembalian uang/penyerahan asset sebagai tindak lanjut keuangan negara senilai Rp136.88 triliun sejak tahun 2005 hingga tahun 2023.

Dalam capacity building, BPK juga telah dipercaya sebagai Ketua Organisasi BPK sedunia (INTOSAI) tahun 2028-2031 serta menjadi External Auditors di berbagai lembaga internasional.

Dan pada kesempatan yang baik ini, marilah kita terus berdoa dan berupaya terbaik untuk keterpilihan BPK sebagai member of the United Nations Board of Auditors (UN BOA) pada tahun 2025.