MEDIA WORKSHOP PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP OPINI LKPD

Media Workshop (2)Selasa, 18 Agustus 2015, Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi NTB mengadakan acara Media Workshop. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat lantai 2 Kantor BPK Perwakilan Provinsi NTB tersebut bertujuan untuk menciptakan hubungan kesepahaman dan kerjasama yang saling mendukung antara BPK RI dan media di wilayah Provinsi NTB. Selain itu kegiatan Media Workshop kali ini lebih bertujuan untuk meningkatkan pemahaman media  terhadap penerapan akuntansi berbasis akrual pada pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah dan implikasinya terhadap opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang bersangkutan.

Acara media workshop dibuka pada pukul 09.00 WITA oleh Kepala Perwakilan, Eldy Mustafa. Pada kesempatan kali ini, pemaparan materi disampaikan oleh Kepala Sub Auditorat NTB II, Aris Asmono. Sedangkan dari awak media yang hadir dalam acara tersebut adalah wartawan dari Suara NTB, wartawan radio Global FM, dan wartawan stasiun televisi TVRI.

Dalam paparan materinya, Bapak Aris Asmono menjelaskan mengenai definisi Akuntansi berbasis akrual dan perbedaannya dengan Akuntansi berbasis Kas. Selain itu, beliau juga menjelaskan kelebihan-kelebihan yang dapat diraih jika pemerintah daerah menerapkan akuntansi berbasis akrual ini.

Dalam sesi diskusi, Haris, wartawan dari Harian Suara NTB menanyakan mengenai kesiapan pemerintah daerah di wilayah Nusa Tenggara Barat dalam menggunakan akuntansi berbasis akrual. Maka untuk menjawab pertanyaan ini, Kasubaud NTB II menjelaskan bahwa secara lisan seluruh kepala daerah di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyatakan kesiapannya menggunakan akuntansi berbasis akrual ini.